Minggu, 22 Maret 2009

Kegel exercises

Kegel Exercises
Kegel exercises adalah suatu rangkaian latihan yang didisain untuk memperkuat otot-otot dasar panggul. Banyak wanita dengan inkontinensia urin dapat mengurangi keluarnya air seni saat batuk, tertawa, bersin atau aktivitas lainnya melalui latihan pada otot-otot dasar panggul. Latihan ini disebut Kegel exercises

Dr.Arnold Kegel mengembangkan Kegel exercises tahun 1948 sebagai suatu metode untuk mengendalikan inkontinensia (ketidakmampuan menahan air seni) pada wanita setelah melahirkan. Latihan ini sekarang direkomendasikan pada:
• Wanita dengan inkntinensia urin karena stress
• Pria dengan inkontinensia urin setelah operasi prostat
• Sesorang dengan gangguan inkontinensia faeses
Kegel exercises memperkuat otot-otot dasar panggul untuk meningkatkan fungsi spinter uretra dan rectum. Keberhasilan latihan ini tergantung pada teknik yang benar dan program latihan yang teratur.
Keuntungan Kegel exercises
Kegel exercises memperkuat beberapa otot-otot yang mengendalikan aliran urin. Kegel exercises direkomendasikan pada seseorang yang memiliki masalah dengan control perkemihan (inkontinensia urin).
Pada wanita, Kegel exercises membantu mereka yang menderita inkontinensia urin karena stress atau prolapsus uterin. Saat hamil dan melahirkan, otot dasar panggul dapat menjadi terulur dan melemah, umumny mengakibatkan masalah pengendalian kencing selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah melahirkan. Kelemahan dasar panggul dapat juga memungkinkan satu atau beberapa organ panggul longgar (prolapsus uterin). Jika anda sedang hamil, mulailah melakukan Kegel exercises setiap hari dan lanjutkan hingga sudah melahirkan
Pada Pria, Kegel exercises digunakan untuk mengobati inkontinensia karena stress dan inkontinensia karena proses desakan, suatu keinginan untuk kencing yang begitu kuat dimana anda tidak dapat mencapai toilet pada saat itu.
Melakukan Kegel exercises
• Kegel exercises mudah dilakukan dan dapat dilakukan dimana saja tanpa diketahui oleh orang lain.
• Pertama, saat anda duduk atau berbaring, berusahalah untuk mengkontraksikan otot-otot yang digunakan untuk menahan kencing. Anda harus merasakan bahwa otot panggulmu menekan saluran kencingmu dan jika perut dan pantatmu mengencang, maka anda tidak melakukan latihan dengan benar.
• Sekali anda telah mengetahui cara yang tepat untuk mengkontraksikan otot-otot panggul, tahan selama 3 detik dan kemudian rileks selama 3 detik.
• Ulangi latihan ini 10 – 15 kali setiap sesi latihan. Usahakan melakukan latihan ini sekurang-kurangnya 3 kali sehari. Kegel exercises hanya efektif jika dilakukan secara teratur. Lebih sering anda latihan, maka latihan ini akan tampak lebih bermanfaat.
• Fisioterapis mungkin mengharapkan anda melakukan latihan ini disertai dengan biofeedback untuk memastikan anda melakukan dengan benar. Biofeedback memungkinkan anda dapat melihat, merasakan atau mendengar saat latihan dilakukan dengan benar.
Banyak orang lebih senang melakukan latihan ini sambil tidur terlentang atau duduk di atas kursi. Setelah 4 – 6 minggu, banyak orang mencatat beberapa kemajuan. Hal ini dapat berlangsung 3 bulan untuk melihat perubahan yang besar.
Pendapat yang salah: Beberapa orang merasa bahwa mereka dapat mempercepat peningkatan dengan cara penambahan jumlah pengulangan dan frekuensi latihan. Meskipun demikian, latihan yang berlebihan sebaliknya dapat membuat otot melemah dan meningkatkan masalah ngompol. Jika anda merasa kurang nyaman pada perut dan punggung ketika melakukan latihan ini, kemungkinan anda melakukannya dengan cara yang salah.
Beberapa orang menahan napasnya atau mengencangkan dadanya ketika berusaha mengkontraksikan otot-otot dasar panggul. Rileks dan konsentrasi pada kontraksi hanya pada otot-otot dasar panggul. Saat melakukan dengan cara yang benar, Kegel exercises akan menunjukkan hasil yang sangat efektif pada perbaikan kontinensia urin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar